Publication Ethic

JURNAL MATHLA’UL FATAH merupakan jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun. Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Daarul Fatah Tangerang secara online dan cetak. Demi menjaga keteraturan dan proses publikasi, perlu pernyataan yang menegaskan etika penulisan dan publikasi bagi penulis, penyunting pelaksana, penyunting ahli, dan penerbit, serta seluruh pihak yang terlibat dalam penerbitan jurnal ini.

Pedoman Etik Penerbitan

Semua pihak yang terlibat dalam penerbitan jurnal ini memiliki komitmen untuk mengawal seluruh tahap penerbitan secara serius dengan mengakui tanggung jawab etik. Memastikan secara sungguh-sungguh bahwa iklan cetak ulang dan pendapatan komersial lainnya tidak memiliki dampak terhadap keputusan editorial. Pengelola jurnal akan melakukan komunikasi dengan pihak-pihak tertentu jika dianggap penting dan diperlukan.


Keputusan Penerbitan

Editor in Chief (Ketua Penyunting) dibantu Managing Editor (Anggota Penyunting) bertanggungjawab memutuskan layak atau tidaknya sebuah naskah tulisan untuk diterbitkan. Keputusan yang diambil dilakukan setelah melalui verifikasi dan validasi naskah tulisan dengan mempertimbangkan subtansi serta urgensi bagi penulis dan pembaca umum. Para penyunting dapat dipandu oleh kebijakan dewan penyunting jurnal dan dibatasi oleh ketentuan hukum sebagaimana yang harus ditegakkan terkait pencemaran nama baik, plagiarisme, dan pelanggaran hak cipta. Penyunting dapat berdiskusi dengan penyunting yang lain atau tim penilai dalam membuat keputusan ini.

Perlakuan Adil

Penyunting Jurnal Math’laul Fatah selalu menilai naskah berdasarkan kualitas tulisan tanpa melihat politic of interest (politik kepentingan) dan keuntungan materi, apalagi mengedepankan ras, gender, agama, etnik, dan kewarganegaraan tertentu.

Kerahasiaan
Penyunting Jurnal Mathla’ul Fatah tidak membocorkan informasi apapun mengenai naskah yang diserahkan kepada orang lain selain penulis, penyunting ahli, dan penerbit.

 

 

Pemberitahuan dan Konflik Kepentingan

Naskah tulisan dan data yang tidak diterbitkan di Jurnal Mathla’ul Fatah tidak boleh digunakan dalam riset penyunting tanpa persetujuan tertulis yang jelas dari penulis.

 
KEWAJIBAN PENULIS

Standar Pelaporan

Semua penulis harus menyajikan data yang valid, laporan yang akurat dan pembahasan yang objektif dari tulisan yang dibuat. Sebuah tulisan harus mencakup detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mengulangi karya itu. Pernyataan-pernyataan yang dengan sengaja tidak valid, akurat dan objektif merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Keaslian dan Penjiplakan

Setiap penulis harus memastikan otentisitas atau keaslian tulisannya. Mereka juga harus memastikan kebenaran kutipan jika menggunakan karya dan/atau kata-kata orang lain.

Penerbitan Ganda, Pengulangan atau Berbarengan

Setiap penulis tidak boleh menerbitkan naskah yang secara esensial menjelaskan penelitian yang sama dalam lebih dari satu jurnal. Menyerahkan naskah yang sama kepada lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber

Pengakuan terhadap sumber atau karya orang lain harus selalu diberikan. Hal tersebut merupakan bagian dari objektifitas dan apresiasi. Setiap penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat dari karya yang diserahkan.


Subjek Tulisan

Subjek harus dibatasi kepada mereka yang memberikan sumbangan penting kepada konsepsi, desain, eksekusi atau penafsiran kajian yang dilaporkan. Semua orang yang memberikan sumbangan penting harus dicantumkan sebagai penulis bersama (co-authors). Apabila terdapat orang lain yang ikut serta dalam aspek-aspek penting tertentu dari projek penelitian, mereka harus dicantumkan sebagai penyumbang (contributors). Para penulis harus memastikan bahwa seluruh penulis bersama dimasukkan dalam tulisan, dan seluruh penulis telah melihat dan menyetujui versi akhir tulisan, serta telah menyepakati penyerahannya untuk diterbitkan.

 

Pemberitahuan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus memberitahukan dalam naskah mereka setiap konflik keuangan atau konflik substantif lainnya yang mungkin diduga mempengaruhi hasil karya mereka. Semua dukungan keuangan untuk projek penelitian harus diberitahukan.


Kesalahan mendasar dalam karya-karya yang diterbitkan

Penulis harus segera memberitahu editor atau penerbit jurnal yang bekerja sama dengan penyunting jika menemukan kesalahan, kekurangan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya, agar ditarik kembali untuk direvisi.