Pendidikan Agama Islam di Era Disrupsi

  • Nandang Solihin
Keywords: Pendidikan, Islam, Era Disrupsi

Abstract

Abstrak

Teknologi di era Revolusi Industri 4.0 menyebabkan terjadinya perubahan di berbagai segi dalam kehidupan. Revolusi ini mengubah dari hal-hal yang konfensional beralih ke sistem digital yang lebih canggih. Teknologi memberi peluang pada hal-hal praktis menjadi serba otomatis dan penuh inovatif di berbagai sektor kehidupan. Perusahaan pemodal besar  banyak mengalami kemunduran yang dramatis seperti Perusahaan Taxi Bluebird dikalahkan oleh transfortasi online Go Jeg.  Pergeseran paradigma belajar dengan online learning dan munculnya generasi millenia menjadi perhatian tersendiri di dunia pendidikan. Peneliti dengan metode library research ini  memaparkan trend pendidikan agama Islam di era disrupsi dan dampaknya di Indonesia. Pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar di era disrupsi menjadi persyaratan dasar. Pendidikan agama Islam sebagai salah satu yang akan terkena imbas gelombang teknologi. Teknologi dihadirkan untuk meningkatkan mutu pendidikan agama Islam. Materi pendidikan dikembangkan dengan mengikuti perubahan yang terjadi termasuk dalam penggunaan media pembelajaran dan aplikasi di  smart phone menjadi penting. Perubahan ini sesuai dengan perkembangan subyek didik di era millenial. Ada sisi kekhasan pendidikan agama Islam yang tidak tergantikan dengan teknologi, yakni keteladanan.

References

Referensi
Abuddin Nata Ilmu Pendidikan Islam. Ed.1,Cet.2. Penerbitan, Jakarta: kencana, 2012.
Azra, Azyumardi.Pendidikan Islam di Era Globalisasi: Peluang dan Tantangan. [EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 2017] 6.4.
Dabbagh, N. Pembelajar online:Karakteristik dan implikasi pedagogis Kontemporer Isu dalam Teknologi dan Pendidikan Guru [seri Online 2007],(3).
Damanhuri, Ahmad, Endin Mujahidin, and Didin Hafidhuddin. Inovasi pengelolaan pesantren dalam menghadapi persaingan di era globalisasi. [TA'DIBUNA 2013] 2.1: 17-37.
Darmayanti, Tri, Made Yudhi Setiani, and Boedhi Oetojo. E-learning pada pendidikan jarak jauh: konsep yang mengubah metode pembelajaran di perguruan tinggi di Indonesia. [Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh 2007] 8.2: 99-113.
Hamami, Tasman. Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum sebagai Keharusan Sejarah. [Jurnal Pendidikan Agama Islam 2004]1.2
H Haidar Putra Daulay, M. A. Pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia. Kencana.2014
Hasan, Muhammad. Inovasi dan Modernisasi Pendidikan Pondok Pesantren. [KARSA: Journal of Social and Islamic Culture 2015] 23.2: 296-306.
Jones, Pip.Pengantar Teori-Teori Sosial: Dari Fungsionalisme hingga Post-modernisme. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. 2010
Kasali, Renald. Disruption. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.2017
Khobir, Abdul. Pendidikan Agama Islam Di Era Globalisasi.[ Edukasia Islamika 2009]7.1.
Maarif, Muhammad Anas .Pendidikan Islam dan Tantangan Modernitas. [Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam .2016] 1.2: 47-58.
Miarso, Yusufhadi. Menyemai benih teknologi pendidikan. Kencana. 2004
Mukhadis, Amat. Sosok Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter dalam Bidang Teknologi Sebagai Tuntutan Hidup di Era Globalisasi." [Jurnal Pendidikan Karakter 2013] 2.2.
Rahman, Abdul. Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam-Tinjauan Epistemologi dan Isi-Materi."[ Jurnal Eksis 2012] 8.1.
Ridla, Muhammad Jawwad. Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam; perspektif sosiologis-filosofis. Yogyakarta, Tiara Wacana Yogya. 2002
Setiawan, Wawan. Era Digital dan Tantangannya.1-9. 2017
Suyatno, Sutrisno. "Pendidikan Islam di Era Peradaban Modern”.2015
Wibawanto, Hari.Generasi Z dan Pembelajaran di Pendidikan Tinggi." [Simposium Nasional Pendidikan Tinggi, ITB, Bandung 2016] Senin 24.
Published
2020-08-10
How to Cite
Solihin, N. (2020). Pendidikan Agama Islam di Era Disrupsi. Jurnal Mathlaul Fattah : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 11(1), 17-23. Retrieved from http://www.stitdaarulfatah.ac.id/journal/index.php/jmf/article/view/20