Membangun Pendidikan Islam yang Berkualitas dan Berkarakter

  • Muhtarom Muhtarom
Keywords: Pendidikan Islam, Pendidikan Karakter, Tantangan Globalisasi

Abstract

Abstrak

Masa depan suatu bangsa ditentukan oleh seberapa jauh ia dapat eksis secara fimikal dalam kehidupan global yang sangat kompetitif. Peran pendidikan menjadi sangat penting sebagai salah satu lembaga sosial yang terlibat langsung dalam mempersiapkan masa depan. Dunia pendidikan di Indonesia termasuk pendidikan Islam, masih menghadapi masalah serius, dan kebutuhan untuk terus memperbaikinya. Upaya untuk membangun kualitas dan karakter pendidikan Islam baik dalam konsep maupun implementasinya adalah hal-hal yang perlu diingat oleh pemegang kebijakan atau pemerintah untuk menanggapi tantangan globalisasi.

Penelitian ini bertujuan untuk menawarkan beberapa ide dan pemikiran bahwa sumbangan dapat dilakukan untuk membangun kualitas dan karakter pendidikan Islam sebagai alternatif dari tantangan globalisasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara konseptual, berupaya menghilangkan dikotomi antara Ilmu Agama (Islam) dan Ilmu Umum dengan pendekatan Ilmu Sosial untuk pengembangan manusia yang berorientasi pada agama dan sumber daya manusia yang berkualitas unggul; dan menumbuhkan kecerdasan intelektual, emosional, dan kecerdasan spiritual.

Upaya dalam penerapan restrukturisasi dan sistem kelembagaan seperti itu, merampingkan manajemen, pengembangan kurikulum, dan metodologi pembelajaran penguasaan. Dengan demikian, membangun kualitas dan karakter pendidikan Islam tidak dapat dilakukan hanya secara ad-hoc dan parsial, tetapi perlu bersifat komprehensif dan menyeluruh. baik di level konsep maupun implementasi.

Islam adalah agama universal yang membaca semua aspek kehidupan manusia, termasuk pendidikan sebagai aspek terpenting. Di era globalisasi, kualitas adalah faktor utama dalam institusi pendidikan, karena persaingan antar institusi akan menjadi hal yang nyata, terutama dalam institusi pendidikan yang berkualitas, karena institusi tidak menentukan kualitas pendidikan.

References

Referensi
Ali,‘ Muhammad, Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru, 1992.
Al-Qardawi,Yusuf, Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Banna, Bulan Bintang, Jakarta 1980.
Arief, Armei Reformulasi Pendidikan Islam, Jakarta, CRSD Press, 2005.
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 2012.
Badri, Malik B., The Dilemma of Muslim Psychologist, MWH London Publishers, London, 1979.
Dakir, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta, Rineka Cipta, 2012.
Daradjat, ZakiyaH. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan SekolaH. Ruhama, Jakarta, 2011
Doll , Ronald C., Curriculum Improvement: Decision Making and Process, Allyn and Bacon, Inc., Boston, 1978.
Freire, Paulo, Pedagogy ofthe Oppressed, translated by Myra Bergman Ramos, Herder and Herder, (New York, 1972.
Goleman, Daniel, Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2013.
Emotional Intelligence, Mengapa El lebih penting dari IQ, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2013.
Hasan, Luthfi, Quality Assurance in Higher Education, Materi TrainingofTrainers (TOT) Sistem Managemen Efektif dan Pembelajaran Aktif di PTA1, Centre for Developing Islamic Education (CDI), (Yogyakarta, 2004.
Hitami, Munzir, Mengonsep Kembali Pendidikan Islam, Pekanbaru, Infinite Press, 2012.
Langgulung,Hasan, Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam, Al-Ma’arif, Bandung, 1980.
Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan Suatu Analisis Psikologi dan Pendidikan, Jakarta, Rieneka Cipta, 2011.
Muhmidayeli, Filsafat Pendidikan Islam, LSFK2P dan Aditya Media, 2013.
Silberman, Mei, Active Leaming: 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Yappendis, Yogyakarta, 2002.
Stanton, Charles Michael, Pendidikan Tinggi dalam Islam terj. Higher Leaming in Islam, Jakarta, Logos Publishing House, 2012.
Supriyanto, Eko, Inovasi Pendidikan, Isu-isu Baru Pembelajaran, Manajemen dan Sistem Pendidikan di Indonesia, Muhammadiyah University Press, Surakarta, 2004
Published
2020-08-10
How to Cite
Muhtarom, M. (2020). Membangun Pendidikan Islam yang Berkualitas dan Berkarakter. Jurnal Mathlaul Fattah : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 11(1), 1-16. Retrieved from http://www.stitdaarulfatah.ac.id/journal/index.php/jmf/article/view/19