Author Guidlines

 Ketentuan Penulisan

  1. Naskah tulisan yang dikirim berupa hasil penelitian maupun pemikiran/konseptual sendiri dan belum pernah dipublikasikan di jurnal atau media lain.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia/Inggris/Arab, dengan ketentuan Font-size: Time New Roman 12, ukuran kertas A4, margin atas: 4 cm, bawah: 2 cm, kiri: 4 cm, dan kanan: 2 cm. Spasi satu setengah.
  3. Naskah tulisan harus ditulis berurutan yang terdiri dari: Judul, Nama Penulis (tanpa gelar), Afiliasi Penulis (lembaga dan e-mail), Abstrak, Kata Kunci, Isi, dan Daftar Pustaka.
  4. Judul harus ringkas dan spesifik tidak melebihi 15 kata yang menggunakan Bahasa Indonesia, dan 10 kata yang menggunakan Bahasa Inggris/Arab.
  5. Abstrak ditulis dalam dua bahasa: Bahasa PBB (Inggris atau Arab), dan Bahasa Indonesia yang terdiri dari 100-150 kata. Yang memuat latar belakang masalah, tujuan, metode, dan hasil penelitian/kesimpulan.
  6. Kata kunci/Keywords terdiri dari 2 – 4 kata atau frase yang mencerminkan isi naskah tulisan.
  7. Sistematika penulisan: a). Hasil penelitian, terdiri dari: Judul, Nama Penulis, Afiliasi Penulis (lembaga dan e-mail), Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka, b). Hasil pemikiran/Konseptual: Judul, Nama Penulis, Afiliasi Penulis (lembaga dan e-mail), Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Isi, Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka.
  8. Isi naskah antara 15-20 halaman, rujukan ditulis dengan sistem footnote yang memuat nama penulis, judul buku/jurnal/majalah, kota penerbit, penerbit, tahun penerbitan, cetakan, dan halaman.
  9. Referensi minimal 15 sumber (80 persen sumber terpublikasi dalam 10 tahun terakhir). Daftar Pustaka ditulis secara alfabetis dengan memuat: nama penulis, tahun penerbitan, judul buku/jurnal/majalah diketik miring, kota tempat penerbitan, dan nama penerbit.
  10. Penerimaan naskah berupa softcopy dapat dikirim ke E-mail: mathlaulfattah@gmail.com

 

Template Artikel

Sistematika penulisan artikel hasil penelitian meliputi: judul; nama penulis (tanpa gelar akademik); abstrak; kata kunci; pendahuluan; metode; hasil dan pembahasan; kesimpulan dan saran; daftar pustaka.

 

ABSTRAK

Abstrak ditulis dalam satu paragraf, spasi tunggal, berisi 150-200 kata, dengan menggunakan huruf Times New Roman 12 pt. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang baik dan benar. Abstrak harus memuat tujuan penelitian, metode (karakteristik subjek penelitian, populasi, sampel, teknik sampling, metode pengumpulan data, serta analisis data), hasil penelitian, serta kesimpulan singkat. Jika dianggap perlu, pada bagian akhir paragraph dapat diberikan rekomendasi berdasarkan temuan penelitian.

Kata Kunci

Di bawah abstrak, sertakan lima kata kunci yang masing-masing dipisahkan dengan tanda titik koma (;). Pilihlah kata kunci yang memudahkan artikel Anda ditemukan mesin penjelajah.

PENDAHULUAN

Pada bagian pendahuluan, penulis harus menuliskan tujuan penelitian di bagian akhir pendahuluan. Sebelum menuliskan tujuan penelitian, penulis harus menuliskan (secara berurutan) latar belakang, kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel, pernyataan kebaruan ilmiah, permasalahan penelitian, “gap analysis” dan hipotesis (bila penelitian kuantitatif). Di dalam pendahuluan tidak diperkenankan adanya tinjauan pustaka yang terpisah dalam sub judul tersendiri sebagaimana di laporan penelitian, tetapi dituliskan terintegrasi dengan penjelasan mengenai latar belakang penelitian sehingga kajian literatur tersebut dapat menunjukkan state of the art- atau kebaruan temuan ilmiah.

METODE

Bagian metode berisi penjelasan tentang jenis penelitian/desain penelitian. Pada penelitian kuantitatif, jika penelitian menggunakan alat ukur tertentu, perlu disampaikan nama alat ukur, jumlah aitem, koefisien reliabilitas, serta metode analisis data yang digunakan. Pada penelitian kualitatif, dijelaskan perspektif kualitatif yang digunakan, hingga metode pengambilan data dan analisisnya.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian hasil dan pembahasan berisi hasil-hasil temuan penelitian dan pembahasannya secara ilmiah. Tuliskan temuan-temuan ilmiah (scientific finding) yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan tetapi harus ditunjang oleh data-data yang memadai. Temuan ilmiah yang dimaksud di sini adalah bukan data-data hasil penelitian yang diperoleh. Temuan-temuan ilmiah tersebut harus dijelaskan secara saintifik meliputi: Apakah temuan ilmiah yang diperoleh?  Mengapa hal itu bisa terjadi? Mengapa trend variabel seperti itu? Semua pertanyaan tersebut harus dijelaskan secara ilmiah, tidak hanya deskriptif, dan ditunjang oleh data empiris yang memadai. Selain itu, harus dijelaskan juga perbandingannya dengan hasil-hasil para peneliti lain yang hampir sama topiknya. Hasil-hasil penelitian dan temuan harus bisa menjawab hipotesis dan/atau pertanyaan penelitian di bagian pendahuluan.

 

SIMPULAN

Bagian simpulan terdiri dari satu paragraf saja namun menggambarkan jawaban dari hipotesis dan/atau tujuan penelitian atau temuan ilmiah yang diperoleh. Kesimpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti yang diharapkan di tujuan penelitian. Bila perlu, di bagian akhir kesimpulan dapat juga dituliskan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari penelitian tersebut.

 

DAFTAR PUSTAKA

Bagian daftar pustaka harus berisi semua referensi yang dikutip/disitasi dalam naskah artikel harus dicantumkan dalam bagian Daftar Pustaka. Daftar Pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah; minimum 80%) dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Jumlah referensi yang disitasi minimal 15 (sepuluh) sumber pustaka. Penulisan kutipan atau sitasi disarankan menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: Mendeley, Footnote, Zotero, atau lainnya.

Turabian https://www.chicagomanualofstyle.org/turabian/turabian-notes-and-bibliography-citation-quick-guide.html

 

Pustaka yang berupa majalah/jurnal ilmiah:

Brewer, M. B., & Pierce, K. P. (2005). Social identity complexity and outgroup tolerance. Personality and Social Psychology Bulletin, 31, 428-437.

Hyde, J., Hankins, M., Deale. A., & Marteau, T. M. (2008). Interventions to increase self-efficacy in the context of addiction behaviours: A systematic literature review. Journal of Health Psychology, 13, (5), 607-623.

Williams, D. L, Goldstein, G., & Minshew, N. J. (2006). The profile of memory function in children with autism. Neuropsychology, 20, (1), 21–29. doi:  10.1037/0894-4105.20.1.21

 

Pustaka yang berupa judul buku:

Azwar, S . (2007). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lunsford, A., & Ede, L. (2009). Child education: Perspective on teaching activities. Carbondale: Illinois University Press.

Willig, C. (2008). Introducing qualitative research in psychology: adventures in theory and method. (2nd ed.). London: McGraw-Hill Open University Press

 Pustaka yang berupa Prosiding Seminar:

Desiningrum, D. R. (2011). Future time perspective, goal orientation, and subjective well being in elderly. The Padjadjaran International Conference on Psychology (pp.17-23). Bandung, Indonesia: Faculty of Psychology, Padjadjaran University.

 

Pustaka yang berupa disertasi/tesis/skripsi:

Pratama, A. G. (2009). Kontribusi kesejahteraan subjektif pada religiusitas Islam, persepsi tentang penyakit, dan perilaku menjaga kesehatan diri dalam model perilaku memelihara kesehatan: Suatu upaya menemukan model perilaku memelihara kesehatan dengan taraf kecocokan optimal pada penderita HIV+. Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran Bandung.

 

Pustaka yang berupa Handbook:

Albarracin, Johnson, & Zanna. (2005). The handbook of attitudes. New Jersey: Erlbaum.

American Psychological Association. (2010). Publication manual of the American Psychological Association. Sixth edition. Washington D.C.: American Psychological Association

 

 

 

 

 

 

 

Contact

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Daarul Fatah Tangerang

Jln. H. Biru, Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15224

Handphone: +6281388669590